Hotline 082144304565
Informasi lebih lanjut?
  • OPEN TRIP LABUAN BAJO Start From 3.1jt/pax, Labuan Bajo..Let's Go...!!!.
  • LOMBOK 3D2N Start From 999k/pax..GRAB IT FAST...!!!
Home » Bali » Pura Danu Bratan, Situs Religi Mempesona

Pura Ulun Danu Bratan atau Bratan Pura merupakan sebuah pura dan candi air besar yang terletak di Bali tepatnya di pegunungan dekat Bedugul, Kabupaten Tabanan.

Ulun artinya tepi dalam bahasa Indonesia sedangkan Danu berarti danau. Jadi pura Ulun Danu artinya pura yang berada di tepi danau. Tepatnya berada di tepi danau Bratan Bedugul, yang berada di daerah dataran tinggi sekitar 1.200 meter di atas permukaan laut.

Karena berada didalam area dataran tinggi, membuat udara di sekitar area pura sangat sejuk

Bagi anda yang belum pernah liburan ke Pura Ulun Danu Bratan Bedugul, pasti ingin tahu mengenai daya tarik Pura Ulun Danu Bratan sebagai destinasi wisata di Bali.

Lalu apa saja yang menarik dapat di lihat dan di lakukan saat mengunjungi Pura Ulun Danu Beratan? Objek wisata pura Ulun Danu Bedugul sangat cocok untuk anda kunjungi jika anda menyukai keunikan arsitektur khas Bali, tata kebun dengan banyak jenis bunga, dan lingkungan alam yang masih alami.

Pada saat anda tiba di pintu gerbang masuk tempat wisata Pura Ulun Danu Bratan Bedugul, anda sudah dapat melihat candi bentar, keunikan arsitektur pura, suasana asri, udara sejuk dan lingkungan bersih.

Selain itu, pada saat air danau Bratan naik, Pura Ulun Danu Bedugul terlihat seakan mengapung di atas permukaan air danau. Air danau Beratan sangat jernih dan tenang.

Pada siang hari kabut tipis mulai terlihat turun menutupi permukaan danau Beratan dan area perbukitan. Jadi daya tarik utama adalah dua pura yang lokasinya di tepi danau dan terlihat terapung pada permukaan air danau Beratan.

Foto dari dua pura yang terlihat mengambang di tengah danau Bratan pernah ada di mata uang Rp 50,000.

Aktivitas yang dapat kamu lakukan di Pura Ulun Danu Beratan

  • Berswa foto berlatar belakang pura  tepi danau

Tidak bisa diragukan jika alasan wisatawan mengunjungi pura ini adalah karena keindahan puranya. Penampakan pura di dekat danau dengan bangunan menjulang tinggi tampak indah dibidik kamera.

  • Menikmati kesejukan udara

Kawasan Danu Bratan ini berada di ketinggian 1.239 meter dari permukaan air laut, sehingga menghadirkan suasana sejuk dan cenderung dingin saat pagi dan sore hari.

Karena kesejukkannya itulah menjadi daerah tujuan wisata bagi wisatawan setelah mengunjungi keramaian kuta dan seminyak karena kesan sepi dan sejuk yang menenangkan.

  • Mengelilingi Danau dengan Kapal

Setelah melakukan sesi foto kamu dapat mengelilingi danau menggunakan kapal. Menjelajahi air danau dari ujung ke ujung.

  • Menjelajahi Kawasan Pura yang Alami

Selain melakukan penjelajahan di kawasan Danau anda bisa juga melakukan penjelajahan daerah pura sekaligus menikmati kawasan pegunungan dan sekitarnya.

Beberapa aturan yang perlu kamu  Mengunjungi Pura Ulun Danu Bratan

Agar perjalanan paket wisata ke pura ini berjalan dengan lancar, perhatikan tips berikut:

  • Gunakan pakaian yang sopan karena kawasan ini disucikan oleh umat Hindu. Selain itu, selalu gunakan pakaian yang agak tebal karena kawasan Danau Bratan cukup dingin saat pagi atau sore hari.
  • Patuhi segala aturan di dalam pura, seperti tidak menyentuh sembarangan atau merusaknya. Dewasa ini, banyak wisatawan melakukan segala cara agar terlihat hits meski harus mengorbankan tempat wisata yang dikunjungi.
  • Nikmati serunya penjelajahan dengan menggunakan kapal, tapi tetaplah berhati-hati karena kedalaman danau rata-rata 23 meter. Mintalah rompi pengaman kepada operator perahu sebelum melakukan perjalanan.
  • Untuk mendapatkan gambar yang baik, disarankan datang saat pagi karena suasana masih sepi. Begitu siang tiba, Anda akan susah mendapatkan gambar yang bagus.
  • Jangan lupa berwisata kuliner karena penjelajahan yang panjang di sini akan membuat siapa saja jadi kelaparan.

Lokasi dari Pura Ulun Danu Beratan

Pura Ulun Danu Beratan adalah ikon pariwisata Bali, selain patung Garuda Wisnu Kencana. Lokasi pura Ulun Danu Beratan berada di sisi barat Danau Bedugul.

Alamatnya berada di jalan Raya Bedugul, Candi Kuning, Kecamatan Baturiti Kabupaten Tabanan. Apabila anda memilih menginap di salah satu hotel yang berada di tepi pantai kuta, maka akan memerlukan waktu tempuh sekitar 2 jam perjalanan untuk sampai di kawasan tempat wisata Bedugul Tabanan.

Namun akan lebih dekat untuk menuju lokasi pura di tepi danau Bedugul bila anda menginap di kawasan tempat wisata Ubud Bali. Karena jarak tempat wisata Ubud menuju Bedugul kurang lebih 44 kilometer dengan perkiraan waktu tempuh satu setengah jam.

Akses menuju lokasi mirip seperti perjalanan dari Jakarta menuju ke puncak Bogor. Kontur jalan menanjak dan berkelok-kelok mengitari area perbukitan.

Untuk mempermudah anda menemukan lokasi pura di tepi danau Bedugul, mohon gunakan Google Maps

Belum ada komentar

Silahkan tulis komentar Anda

Email Anda tidak akan dipublikasikan. Kolom yang bertanda bintang (*) wajib diisi

Komentar Anda*Nama Anda* Email Anda* Website Anda

Mungkin Anda tertarik membaca artikel berikut ini.

Aquarium island di pesisir barat pulau Lombok

22 August 2023 49x Lombok

Gili Nanggu merupakan satu dari sebelas Gili yang tidak berpenghuni, terletak di daerah Sekotong, Lombok Barat. Gili Nanggu, Gili Sundak dan Gili Kedis merupakan Gili yang sering dikunjungi dari sebelas Gili tersebut. Pemandangan bawah laut Gili Nanggu sangat apik karena tak banyak dijejaki turis membuat terumbu karang masih sangat terawat. Disebut aquarium ... selengkapnya

Berkunjung ke Pura Luhur Uluwatu

25 August 2023 48x Bali

Menjadi destinasi unggulan bukan tanpa alasan, pura ini menyediakan pesona matahari tenggelam yang  sayang jika tidak diabadikan ke dalam kamera. Kawasan Pura Ubud sudah dikenal oleh masyarakat dunia sebagai lokasi pertunjukan tari kecak terbaik. Wisatawan dari berbagai belahan dunia akan berkumpul dan menyaksikan paket pertunjukan kolosal dengan latar ... selengkapnya

Pernah ke pantai yang pasirnya berwarna merah muda belum?

30 August 2023 76x Lombok

Tidak kalah dengan Pulau Komodo, Lombok juga memiliki Pantai berwarna pink atau biasa dikenal sebagai Pantai Tangsi. Pantai yang cukup populer ini menyimpan keunikan tersendiri. Penyebab pasir pantai berwarna pink adalah organisme foraminifera atau foram yakni plankton yang ada sejak satu miliar tahun lalu di Bumi. Foram tersebut aslinya berwarna oranye tap... selengkapnya

Ikuti Sosial Media kami!

Tentang Kami

Perusahaan kami yang bergerak di bidang Jasa yang menyediakan komponen perjalanan dengan harga terjangkau.

Dengan pengalaman selama bertahun-tahun dan selalu berkembang kedepannya.

Telepon : 0821-4433-6545

e-mail : admin@liburanbalilombok.com

Kontak Kami

Apabila ada yang ditanyakan, silahkan hubungi kami melalui kontak di bawah ini.